Jumat, 14 Juli 2017

Menemukan Uang di ATM Indomaret Wajak, Ini yang Saya Lakukan

Menemukan uang di ATM Indomaret Wajak, Ini yang Saya Lakukan - Beberapa hari yang lalu, kakak saya menemukan uang di ATM BCA di area Indomaret Wajak. Kronologisnya, kakak saya hendak mengambil uang di ATM Mandiri. Pas lagi antri tiba-tiba anaknya kakak, yang saat itu ikut, mundur-mundur nabrak ATM dan tangannya meraba sesuatu yang ternyata uang. Si anak teriak dong "Ma, ada uang banyak, Ma." Kakak saya kaget dan bilang sama karyawan Indomaret yang kebetulan sedang menata barang di sebelah ATM.

Diluar dugaan, si karyawan malah nanya, "ibu habis ambil uang?" "Enggak, Mas. Saya antri di ATM Mandiri. Trus gimana nih, mas ambil deh." Kakak saya berharap karyawan mengambil uang tersebut, tapi si karyawan malah bilang "Ibu saja yang ambil lalu diserahkan ke kasir."

"Lha kalau saya taruh kasir, trus saya jadi tersangka gimana? Mas mau tanggung jawab?" Kata kakak saya yang segera mengambil uang tersebut dan membawanya pergi setelah sebelumnya meninggalkan nomor hape di kasir Indomaret. Siapa tahu ada yang kembali mencari uangnya.

Lalu, apa yang dilakukan kakak saya? Dia malah berimajinasi, gimana kalau dia jadi tertuduh pembobolan ATM karena ada cctv? Kakak saya bingung antara menyimpan uang tersebut atau menyerahkannya kepada pihak bank? Daaan... taraaaa... akhirnya kakak menyerahkan uangnya ke bank BCA yang ada di Tumpang.

Inilah Akhirnya...

Saat berangkat ke bank, kakak saya khawatir kalau prosesnya ribet. Ternyata enggak, prosesnya cepat dan akurat, hihihi. Ini yang saya suka dari BCA. Bukan promosi lho ya tapi emang kenyataannya gitu, bagi saya bank yang sangat profesional dan nggak ribet itu BCA. #maaftidakterimadebat

Setelah disapa dengan ramah (seperti kebiasaan pegawai bank pada umumnya), kakak saya mengutarakan maksudnya yaitu mengembalikan uang yang telah ditemukan di ATM. Petugas bank tidak segera memberikan form laporan, namun menelepon BCA pusat dan pihak yang bertanggung jawab atas ATM di Kec. Wajak tersebut. Setelah itu barulah kakak saya mengisi formulir tanda terima pengembalian uang. Dah, beres gitu aja sih.

Setelah itu barulah kakak saya merasa free dari jeratan uang temuan yang katanya bikin stress sejenak. Btw, uang 1,5 juta aja bikin stress, trus apa kabar orang yang menemukan uang puluhan juta ya?

Pemilik Uang datang Ke Rumah

Keesokan harinya ada laki-laki yang datang ke rumah setelah sebelumnya menelepon. Dia mengaku sebagai pemilik uang tersebut dan bilang jika uangnya lupa belum diambil karena terburu-buru (emang ada ya orang pergi ke ATM yang tujuannya ambil uang, eh uangnya malah ditinggal. Logis gak sih?). Dia juga mengaku kemarin juga lupa ambil uangnya saat penarikan di ATM yg sama. Nah lho, ini malah lupa dua kali. Hahaha...

Bersyukur sekali kakak sudah menyerahkan uangnya ke bank, gimana kalau belum? Bisa jadi uangnya dibawa orang yang mengaku-ngaku aja. Hiii... syerem...

Jika menemukan uang di ATM...

Saya yakin, jika menemukan uang di ATM, secara refleks kita akan tengok kanan dan kiri? Siapa tahu pemilik uang tersebut masih berada di sekitar situ. Tapi saat gak ada orang, biasanya kita akan mengambilnya begitu saja tanpa berpikir panjang. Beberapa bulan yang lalu saya juga menemukan uang di ATM dan langsung saya ambil dengan tujuan menyerahkannya kepada bank.

Saya pikir-pikir, setelah dua kali kejadian menemukan uang di mulut ATM, berikut ini yang bisa Anda lakukan:
  1. Sebelum Anda mengambil uang yang menempel di mesin ATM, pastikan ada orang terdekat yang mengetahui kejadian tersebut. Jangan langsung diambil, karena siapa tahu itu sebuah jebakan yang dapat menjadikan Anda sebagai pelaku kejahatan. Ada lho kasus yang seperti itu.
  2. Panggillah satpam atau orang yang dekat dengan lokasi jika Anda tidak ingin direpotkan oleh barang temuan tersebut. Terlepas dari pemikiran orang tersebut jujur atau tidak. Yakinkan orang tersebut untuk uang yang Anda temukan, sehingga Anda tidak harus bertanggung jawab.
  3. Jika Anda berpikir harus menyelamatkan uang tersebut, ambil dan pergilah ke bank ATM tersebut. Misalnya uang ditemukan di ATM BCA, ya serahkan uangnya ke bank BCA. Jangan lupa meminta tanda bukti penyerahan uang temuan.
  4. Sebarkan berita melalui sosial media, siapa tahu orang yang kehilangan membaca postingan Anda. Lalu jika ada orang yang mengaku kehilangan uang, tunjukkan bukti bahwa Anda telah menyerahkan uangnya ke bank. Coba kalau Anda belum menyerahkannya ke bank? Lalu uangnya Anda berikan kepada orang tersebut, tapi kemudian datang lagi orang lain yang mengaku. Apa yang akan Anda lakukan?
Jadi, apa yang akan Anda lakukan jika menemukan uang di ATM? Sharing yuk di kolom komentar.


1 komentar:

Vanisa Desfriani mengatakan...

belom pernah sih nemu uang di atm, tapi sempet dengar kasus jebakan uang tersebut.. emang ngeri ya,,