Rabu, 10 Mei 2017

Be A Hero Donate Blood, Mari Berbagi Melalui Donor Darah


Be A Hero Donate Blood

Rabu, 10 Mei 2017 mulai pukul 08.00 – 13.00 telah dilaksanakan kegiatan donor darah di MA Al Hidayah Wajak. Acara yang dihelat oleh ekskul PMR MA Al Hidayah Wajak periode 2016/2017 bekerjasama dengan PMI Kabupaten Malang telah sukses dilaksanakan. Acara ini menjadi agenda tahunan dari program kerja ekskul PMR MA Al Hidayah Wajak. Acara donor darah tahun ini mengangkat tema “Mari Saling Berbagi untuk Sejuta Kehidupan: Be A Hero Donate Blood” dibuka untuk umum jadi pendonor darah bukanlah hanya dari warga MA Al Hidayah saja, namun juga warga sekitar.

Baca:  Penyuluhan Gizi Seimbang dari UB
 
Siapa yang belum tahu manfaat donor darah? Donor darah memiliki manfaat yang sangat banyak baik bagi pendonor maupun penerima. Untuk pendonor, manfaat donor darah antara lain dapat membantu menurunkan berat badan, membakar lemak, menyehatkan jantung, mencegah stroke, meningkatkan sel darah merah, mengurangi kelebihan zat besi, memaksimalkan darah dalam paru – paru, dan mencegah penyakit langka.  Sedangkan manfaat dari penerima darah donor adalah memberikan kesehatan dan menyembuhkan penyakit yang diderita.

Nah… setelah tahu manfaatnya,apakah masih enggan berdonor darah? Ternyata masih banyak masyarakat yang tidak mau menjadi pahlawan dengan mendonorkan darahnya, seperti kata Sulistiyowati, pembimbing ekskul PMR MA Al Hidayah bahwa ketidaktahuan masyarakat akan pentingnya donor membuat mereka takut. Padahal ketakutan mereka tidak ada apa-apanya dibandingkan nyawa yang melayang akibat kekurangan darah.

 Baca: Belajar dari Semangat Beny Wahyudi


"Harusnya mereka datang dan melihat langsung prosesnya, kalau butuh informasi bisa bertanya kepada petugas," tambah Joko Siswandono, petugas PMI Kab. Malang bagian transfusi darah.

Syarat utama menjadi pendonor haruslah berusia 17 tahun/lebih dan harus melewati beberapa alur sebelum bisa menyumbangkan darahnya. Selanjutnya mengisi formulir yang disediakan oleh PMI mengenai biodata dan jenis penyakit yang pernah diderita. Hal ini untuk menghindari pendonor yang pernah menderita penyakit tertentu, maka calon pendonor darah tidak dapat mendonorkan darahnya.

Baca: Sifat Miska Si Beruang yang Bisa Diteladani

Selain itu, calon pendonor darah dicek pula kesehatannya baik tensi dan kondisi darahnya. Apabila tensi darah dan kondisi Hb (haemoglobin) nya rendah atau tinggi, maka calon pendonor tidak dapat mendonorkan daahnya. Jadi, apabila ingin menjadi pendonor darah sejati, haruslah sehat walafiat.

Oiya, yang menarik adalah pendonor yang telah menjadi pendonor 10x dapat menerima piagam, kalau sudah 100x bisa dapat piagam dari presiden lho...Wah, hebat nih. Let's Be A Hero Donate Blood.

1 komentar:

Putu sukartini mengatakan...

Donor darah itu aktivitas kemanusiaan yang luar biasa
Setiap.tetes darah begitu berharga menyelamatkan nyawa orang lain