Senin, 01 Mei 2017

UNBK, Bukan Sekedar Memudahkan Siswa tapi Juga Mengajarkan Kejujuran




Suasana Ujian Paper Based Test di MTs. Al Hidayah Wajak
Besok, siswa kelas tiga MTs Al Hidayah akan melaksanakan Ujian Nasional. Ada yang berbeda dengan Ujian Nasional Tahun ini karena dilakukan dengan sistem Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).  UNBK disebut juga Computer Based Test (CBT) yaitu sistem pelaksanaan ujian nasional dengan menggunakan computer sebagai media ujiannya.

Baca Juga: Malang City Expo 2017
 
Menurut laman ubk.kemdikbud.go.id, UNBK kali pertama diselenggarakan tahun 2014 secara online dan terbatas di SMP Indonesia Singapura dan SMP Indonesia Kuala Lumpur (SIKL). Hasilnya cukup menggembirakan dan semakin mendorong untuk meningkatkan literasi siswa terhadap TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi). Lalu, pada tahun 2015 secara bertahap dilaksanakan rintisan UNBK dengan mengikutsertakan sebanyak 556 sekolah yang terdiri dari 42 SMP/MTs, 135 SMA/MA, dan 379 SMK di 29 Provinsi dan Luar Negeri. Nah, baru tahun 2016 UNBK mengikutsertakan  4382 sekolah yang tediri dari 984 SMP/MTs, 1298 SMA/MA, dan 2100 SMK.

Baca juga: Belajar dari Semangat Beny Wahyudi, Bek Kanan Arema

UNBK diselenggarakan dengan sistem semi-online yaitu soal dikirim dari server pusat secara online melalui jaringan (sinkronisasi) ke server lokal (sekolah), kemudian ujian siswa dilayani oleh server lokal (sekolah) secara offline. Selanjutnya hasil ujian dikirim kembali dari server lokal (sekolah) ke server pusat secara online (upload). Agar sistem tersebut berjalan dengan lancar dibutuhkan setidaknya seorang teknisi dan proktor yang bertanggungjawab mengendalikan server dan sistem UNBK pada sebuah sekolah. Dibantu teknisi, proktor bertugas menjaga server dan jaringan client di ruang ujian supaya tetap terhubung. Juga memperbaiki masalah-masalah teknis jaringan, seperti soal yang tidak muncul, tidak bisa log in dan lainnya.

Baca Juga: Penyuluhan Gizi Seimbang dari UB

UNBK tingat MTs akan berlangsung selama empat hari yaitu tanggal 2, 3, 4, dan 8 Mei 2017. Mata pelajaran yang diujikan sama dengan tahun sebelumnya yaitu Matematika, Bahasa Inggris, dan Bahasa Indonesia, dan IPA.  Penyelenggaraan UNBK tahun ini adalah yang pertama bagi MTs. Al Hidayah, siswa tak lagi menggunakan kertas, baik soal maupun jawaban. Tapi menggunakan computer. Harapannya, siswa lebih mudah dalam mengerjakan UNBK disbanding ujian tulis. Selain waktu pengerjaan yang relative lebih cepat, siswa juga tak perlu sibuk mengitamkan lembar jawaban.

Baca juga: Berburu Hot Wolfrine

Ada hal penting yang harus dipersiapkan oleh MTs Al Hidayah selain perangkat computer dan jaringan sebagai utamanya, yaitu genset dalam rangka mengantisipasi jika terjadi listrik padam. Namun yang lebih penting lagi adalah semoga siswa MTs Al Hidayah Wajak dapat mengerjaan soal dengan baik dan dengan jujur, sehingga mendapatkan hasil yang maksimal. Oleh karena soal yang dikerjaan siswa diacak oleh sistem komputer yang tentunya menyulitkan siswa untuk mencontek saat mengerjakan.

Semoga Sukses Siswa-siswa MTs. Al Hidayah Wajak

Tidak ada komentar: