Selasa, 22 Agustus 2017

Perkemahan Wirakarya dan Baktiwisata di Wisata Kampung Enem (WIKEN)

Siswa mana yang nggak mau diajak berkemah? Pasti rata-rata siswa akan bersorak kegirangan saat diajak berkemah sambil wisata. Seperti siswa siswi tingkat SMP/MTs dan SMA/MA se-kecamatan Wajak yang melaksanakan kegiatan perkemahan wirakarya dan baktiwisata di wisata kampung enem (wiken).  Kegiatan berlangsung selama 3 hari, Sabtu (12/8) hingga Senin (14/8). Diawali dengan kedatangan siswa tingkat SMA/MA pada hari Sabtu untuk bermalam. Dilanjutkan siswa SMP/MTs pada hari Minggu. Pada hari Senin, akan dilaksanakan upacara peringatan hari Pramuka ke 56.

Gerbang Depan Perkemahan
Konsepnya berupa wirakarya yaitu pembukaan lahan bumi perkemahan yang diikuti oleh penegak SMA/MA dan baktiwisata yang diikuti oleh penggalang SMP/MTs. Sedangkan siswa SD/MI datang pada hari Senin saat kegiatan upacara. Jadi upacara peringatan hari jadi pramuka yang ke 56 diikuti oleh seluruh instansi pendidikan dari SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, panitia kegiatan, dan beberapa tamu undangan.
Regu Putri dari MTs. Al Hidayah Wajak 
Kegiatan yang diikuti oleh 1200 peserta ini baru pertama kali dilaksanakan di Wisata Kampung Enem (Wiken). Oleh karena bumi perkemahan baru dirintis, maka perkemahan dilaksanakan secara bertahap. "Karena baru merintis, MCK belum mencukupi, jadi yang bermalam di perkemahan diatur secara bertahap. SMA mulai sabtu, SMP minggu, dan MI tidak bermalam" kata Kak Erik, ketua panitia.


Area Wiken yang akan dibangun sebagai bumi perkemahan berbentuk terasiring, sehingga setiap peserta yang mengikuti bakti wisata diharuskan untuk membawa tanaman puring. Mengapa puring? Karena tanaman puring mudah hidup dan bisa menahan tanah yang miring. Tanaman tersebut rencananya akan ditanam di pinggiran lahan terasiring agar tanah tidak longsor. Kedepan, puring juga bisa sebagai makanan ternak penduduk sekitar Wiken.
Tempat Berkemah yang dibuat per kapling
Lahan perkemahan yang tampak miring
Harapannya, semoga kegiatan perkemahan ini dapat meningkatkan kepedulian peserta kepada lingkungan alam sekitar. Selain itu kegiatan kepramukaan semakin eksis, membentuk generasi muda yang terampil dan bermartabat. SALAM PRAMUKA!!

1 komentar:

Vanisa Desfriani mengatakan...

wuaa, serunya berkemah. Jadi pengeeen :D

ini tendanya disediakan? atau para siswa ikut bangun tendanya?