Senin, 23 Oktober 2017

Sate yang Ingin Saya Cicipi Langsung di Kotanya

Sate yang Ingin Saya Cicipi Langsung di Kotanya - Sate adalah makanan khas yang berasal dari Indonesia. Hampir seluruh wilayah di Indonesia menganggap sate sebagai hidangan terbaik. Mulai dari gerobak pedagang kaki lima hingga restoran mewah menghidangkan sate sebagai makanan khas negara yang terkenal dengan banyaknya pulau ini. Begitu juga di rumah ataupun berbagai perayaan, sate tak jarang menjadi hidangan sebagai santapan yang diminati.

Setiap hari raya Idul Adha misalnya, hampir setiap rumah mengolah daging kurban menjadi sate. Pun saat acara aqiqah, sate kambing tak ketinggalan menjadi olahan utama selain gule kambing. Apalagi jika sate yang dihidangkan empuk dan tidak meninggalkan “selilit” alias daging diantara sela gigi (apa ya bahasa Indonesianya? Hahaha). Nah, kalau bikin sate kambing empuk sih saya punya triknya, sebelum dibakar daging dicelupkan ke air parutan buah nanas. Hohoho. Semakin lama merendamnya semakin empuk tuh daging.

Baca juga: Beberapa Tips Memilih Profesi

Nah, ada beberapa sate yang ingin saya cicipi langsung di kotanya. Memang, saat ini banyak restoran yang menyediakan aneka makanan khas dari berbagai daerah. Tapi entah mengapa saya ingin sekali merasakan langsung bahkan memakannya langsung di tempat asalnya.

Sate Madura

Sejak kecil, sate madura sudah bergaung namanya hingga ke pulau Jawa. Wah, berarti udah lama sekali ya sate madura ada. Dilihat dari namanya, jelas makanan ini berasal dari Pulau Madura, utara pulau Jawa. Berbahan dasar daging ayam atau kambing, sate madura diberi bumbu kacang yang sudah dicampur bawang merah, kecap, dan bawang goreng. Sate madura cocok dimakan dengan nasi putih hangat, lontong, ataupun ketupat. Meskipun di Kota Malang penjual sate madura betebaran, tetap saja saya ingin mencoba langsung sate madura asli di pulaunya. Itu berarti saya harus berkunjung ke kota “sakera” tersebut ya. Hehehe

Sate Ponorogo

Selanjutnya sate ponorogo yang berasal dari kota reog, Ponorogo. Dari semua jenis sate di Indonesia, sate ponorogo dan sate madura paling terkenal. Terbuat dari potongan daging ayam yang direndam dalam bumbu kecap, sate ponorogo disajikan bersama bumbu kacang bertabur bawang goreng dengan irisan cabe dan sedikit perasan jeruk nipis.
sumber: foody.id

Uniknya sate ponorogo hanya terdiri satu atau dua potongan daging saja setiap tusuknya. Berbeda dengan sate lain yang terdapat tiga hingga lima potong. Selain itu sate ponorogo juga melalui proses yang berbeda karena harus direndam dalam bumbu atau dibacem. Makin meresap dong ya bumbu, pastinya makin sedaap.

Sayang sekali saat ada kesempatan ke Ponorogo menghadiri pernikahan teman kuliah, saya belum mampir ke warung sate di Ponorogo. Padahal ingin sekali bisa mencicipinya. 😂

Sate Maranggi

Saat Idul Adha beberapa bulan yang lalu, resep sate maranggi banyak beredar di beberapa grup whats app yang saya ikuti. Bahkan teman saya yang jago masa juga sempat mempraktikkannya, tapi sayang saya tak sempat mencobanya. 😄

For your information, sate maranggi adalah makanan khas Purwakarta. Berbahan dasar daging sapi atau kambing, sate ini disajikan dengan acar sambal tomat, sambel oncom, atau ketan bakar. Hehm, jadi makin penasaran dengan rasa sate maranggi.

Proses pembuatan sate maranggi mirip dengan sate ponorogo yang harus direndam dulu ke dalam bumbu, yang membedakan adalah bumbunya. Sate maranggi menggunakan rempah seperti jahe, ketumbar, lengkuas, kunyit, dengan sedikit cuka untuk memberikan kesan masam.

Sate Klathak

Mendengar nama sate klathak saya penasaran, sayangnya belum sempat mencoba saat berkunjung ke Yogyakarta. Sate klathak terkenal dengan tusuk besinya agar daging kambing yang diiris dengan ukuran besar bisa matang dengan sempurna. Selain hanya dibumbui garam dan merica saja saat dibakar, sate ini biasa disajikan dengan kuah gulai yang kental atau biasanya dengan tongseng/ tengkleng kambing. Hehm… membayangkannya saja air liur tak berhenti menetes. Semoga bisa mencicipinya saat berkunjung ke Jogja. Amiin

Bagaimana dengan kalian? Udah pernah makan sate? Sate apa yang paling kalian suka?

Tidak ada komentar: